Saponin

Pendahuluan

Saponin adalah segolongan senyawa glikosida yang mempunyai struktur steroid dan mempunyai sifat-sifat khas dapat membentuk larutan koloidal dalam air dan membui bila dikocok. Glikosida saponin bisa berupa saponin steroid maupun saponin triterpenoid.

Bagan Pembagian Saponin

Bagan Pembagian Saponin

 

Saponin merupakan senyawa berasa pahit menusuk dan menyebabkan bersin dan sering mengakibatkan iritasi terhadap selaput lendir. Saponin juga bersifat bisa menghancurkan butir darah merah lewat reaksi hemolisis, bersifat racun bagi hewan berdarah dingin, dan banyak diantaranya digunakan sebagai racun ikan. Saponin bila terhidrolisis akan menghasilkan aglikon yang disebut sapogenin. Ini merupakan suatu senyawa yang mudah dikristalkan lewat asetilasi sehingga dapat dimurnikan dan dipelajari lebih lanjut. Saponin yang berpotensi keras atau beracun seringkali disebut sebagai sapotoksin.

Struktur  Kimiawi

Berdasarkan struktur aglikonnya (sapogeninnya), saponin dapat dibedakan menjadi 2 macam yaitu tipe steroid dan tipe triterpenoid. Kedua senyawa ini memiliki hubungan glikosidik pada atom C-3 dan memiliki asal usul biogenetika yang sama lewat asam mevalonat dan satuan-satuan isoprenoid.

Glikosida saponin dibagi menjadi 2 jenis berdasarkan pada struktur bahan kimia dari aglycone (sapogenin). Saponin pada hidrolisis menghasilkan suatu aglycone yang dikenal sebagai  “sapogenin”.

Biosintesis Glikosida Saponin

Berdasarkan struktur dari aglikon maka glikosida dan saponin dapat dibagi 2 golongan yaitu saponin netral yang berasal dari steroid dengan rantai samping spiroketal dan saponin asam yang mempunyai struktur triterpenoid. Biosintesa saponin triterpenoid lebih kurang diketahui bila dibandingkan dengan saponin steroid tetapi dapat dikatakan bahwa keduanya mempunyai tidak tolak yang sama yaitu yang berasal dari asetat dan mevalonat. Rantai samping terbentuk sesudah terbentuknya squalen. Sebagian terjadi inti steroid spiroketal dan yang lain membentuk triterpenoid pentasiklik. Gugus gulanya dapat berdiri 1 – 55 gula dan dalam beberapa hal aglikon tak diikat dengan gula tetapi dengan asam uronat.

Download Presentasi

41 Komentar

Filed under Metabolit Sekunder

41 responses to “Saponin

  1. apakah yg dinamakan glikosida itu merupakan senyawa antara karbohidrat dan zat lain yang dinamakan radikal aglikon?
    gw sok tahu ye…🙂
    ====================================
    Maaf yach dibetulin dikit glikosida bukan senyawa antara, namun ia senyawa bentukan dari gula dan bukan gula, kalo terurai (dalam bahasa kimia terhidrolisis) kembali menjadi gula dan bukan gula, senyawa yang bukan gula inilah disebut sebagai aglikon (yang lagi2 bukan radikal) smg dengan melihat bagan dan membaca artikel tentang ‘glikosida’ (tulisannya ada pada kategori metabolit sekunder)akan semakin jelas pengetahuannya
    Saponin tuch menghasilkan buih yang di-‘masakecilkudulu’ ada buah akasia yang apabila digosok2 ketangan trus ditambahin air menimbulkan busa, ini ciri2 tumbuhan yang mengandung saponin.
    Ditunggu yach postingannya tentang main gelembung sabun diwaktu kecil…….😀
    Salam hangat n keep bloging

  2. selamat malam
    wah makasih ya postingannya baik sangat bang
    salam hangat selalu

    ======================================
    Makasih atas kunjungannya, sehat n sukses selalu…………….

  3. aq mw tanya dnk,,
    bisa minta yang detailx lg tentang cara kerja saponin dalam membunuh hewan berdarah dingin???
    tolong jawab cepat y,,,
    =======================================
    pelajari sj mekanisme hemolisis secara umum

  4. maya lolatu

    Q mw tny donk….

    Q bsa mnt mekanisme hemolisis,,ga..
    soalnya Q cr2 d internet ga dpt…SUSAH bget..
    tlg donk
    trima ksh B4…

  5. rifda

    haloww

    Q mw tny donk..
    gmn siech hub TNF alfa dengan kandungan-kandungan bioaktif antidiabet

    thnks b4..

  6. wawa

    waaah! thanks ya info ny..
    kalau boleh tau apakah kerja saponin sebagai sabun sama seperti surfaktan dalam detergent yang memiliki hidrofilik dan hidrofob..

    makasii yaaa
    ======================================
    ada yaitu; yg hidrofil adl glikonnya sementara yg hidrophob adl aglikonnya

  7. apakah saponin dapat menurunkan kadar gula darah
    =====================================
    Saponin (sebagai aglikon dari glikosida) dapat menurunkan kadar glukosa dengan salah satu mekanismenya yaitu menghambat pelepasan enzim alfa glukosidase yang berasal dari pangkreas

  8. bedanya saponin ma sapogenin apa ya ?🙂
    ======================================
    Saponin lebih bersifat umum bagi senyawa2 yang menghasilkan buih dan memiliki kemampuan untuk menghemolisis darah, sedangkan sapogenin lebih spesifik lagi lengkapnya dapat dikilik pada link ini http://en.wikipedia.org/wiki/Sapogenin 🙂

  9. erna

    boleh nanya gak? hehe^^

    kan saponin tipe triterpen itu termasuk golongan acid saponin. bagaimana caranya si acid saponin dapat mengangkat kotoran sedangkan pada umumnya sabun itu bersifat “basa” kan agar dapat menurunkan tegangan permukaan sehingga kotoran pada baju terangkat..

    thanks for your helping info :DD
    ======================================
    Sudah dijawab via email

  10. yen

    mau nanya?

    kira2 apa efek saponin terhadap tubuh manusia?. Tkb
    =======================================
    Tergantung dari jenis saponinnya
    Misalnya Kalau saponin steroid maka akan berguna sebagaimana kegunaan steroid. Kalau sapotoxin maka sifatnya sebagai racun.

  11. yulei

    tanya donk, cara kerja saponin sebagai antibakteri. saya pernah dapat, tapi ingin lebih tau penjabaran lebih nya.
    kalau boleh tau kamu dapat materi saponi dari mana?
    email ya kalo bisa. thx.
    =======================================
    Tetang mekanisme antibakteri pada saponin, tergantung dari jenis saponinnya
    akan tetapi secara umum mekanisme antibanteri diantaranya :
    1. Menghambat pebentukan protein
    2. Menghambat pembentukan DNA
    3. Merusak dinding sel dll
    Tentang materi saponin materinya bisa didapat dari text book (kalau mampir lagi diblog) bisa dilihat pada halaman download ebook yg no 31, 36 dan 38.
    Semoga informasi ini bermanfaat.

  12. hernawan

    saponin yang ada di pelepah batang pisang itu jenisnya apa ya?
    makasih infonya
    ======================================
    Semoga arikel ini bisa membantu silahkan diklik

  13. vela

    mau nanya…aq pernah baca artikel klo tmbuhan yang mngandung saponin triterpen bs berguna mjd spermesida..itu gmn ya mekanisme nya???makasih…
    =======================================
    Mestinya harus diketahui jenis senyawa kimianya apa, kemudian akan lebih lanjut diketahui mengenai mekanisme kerjanya

  14. yuri

    artikel yang bagus dan bermanfaat.
    boleh tanya referensi artikel ini didapat dari buku apa ya?terima kasih
    =======================================
    Kalau ingin lebih detail berikut referensi yg bisa di klik :
    Pharmacog-Biotech.pdf
    Dewick Natural Product.pdf

  15. vela vedrosa

    mau nanya…saponin triterpen bs dgunakan sbgai spermaticid dg mnurunkan kualitas dan jumlah spermatozoa…itu mekanismenya gmn ya???please djwab ya…saya btuh bgt untuk penelitian saya…trmksih sblmnya…
    ======================================
    Dijawab dulu yach balasan komentar yg pertama………

  16. regina

    permisi mau tanya…^^
    saponin triterpen dan steroid itu berbeda kepolarannya ga?
    ==================================================
    Secara umum triterpen dan steriod memilik sifat yang nonpolar, akan tetapi dari segi strukturnya saponin triterpen (sebagai aglikon) relatif memiliki sifat yang lebih nonpolar dibandingkan dengan steroid karena memili lebih banyak atom C [Triterpen 30 & Steroid 18]

  17. bisa lbh jelas pnjelasan glukosa darah yg berkaitan dgn saponin??
    ==================================================
    Apabila yang anda maksud adalah glukosa saponin dengan glikon berupa gugus2 gula dengan ikatan alfa hemi asetal, maka mekanisme penurunan glukosa darah adalah dengan metode penghambatan enzim alfa glukosidase secara kompetitif; yaitu mencegah enzim untuk memecah polisakarida menjadi oligo sakarida.
    Untuk lebih lanjut silahkan membaca artikel acarbose pada blog ini
    Silahkan diklik
    Semoga bermanfaat.

  18. kiekie

    met mlm blh tanya g?

    sifat dari triterpenoid itu sendiri apa y? apakah higroskopis, tahan panas ato tidak y? thx sblmnya
    =================================
    Sekiranya disebutkan senyawa triterpenoidnya maka akan lebih mudah untuk menyebutkan sifat2nya.

  19. mira

    bisa g kasi info mengenai mekanisme antibakteri saponin dari daun cestrum nocturnum?atau begini..beberapa sumber mengatakan klo saponin itu dapat menurunkan tegangan permukaan..bagaimana mekanismenya..?tolong bantu ya..bingung
    ===============================================
    Secara sederhana mekanisme turunnya tegangan permukaan salahsatunya disebabkan oleh penurunan sudut kontak.

  20. dina

    saya mau tanya, bagaimana biosintesis dari glukosa hingga terbentuk saponin steroid dan triterpenoid?? terima kasih
    =========================================
    Silahkan didownload bahannya disini
    http://www.ziddu.com/download/13923413/KuliahFitokimiaII.pdf.html

  21. Saya mau nanya berdasarkan mekanisme kerjanya saponin bisa digunakan sebagai anti cacing g.?
    kalo ia,mekanismenya gmana ,,
    ===============================================
    Kalau saponinnya berupa sapotoksin maka ada kemungkinan ada potensi sebagai anti cacing [dengan mekanisme paralisis] tapi ini hanya sebagai hipotesa saja.
    Akan lebih baik bila diketahui jenis senyawa saponinnya.

  22. Hirmas

    permisi..bagaimana mekanisme detail kerja sapotoxin?terimakasih..
    =========================================
    Sebagaimana jawaban sebelumnya maka perlu diketahui dulu senyawa sapotoxinnya.
    Sebagai tambahan silahkan klik link ini :
    http://www.lookfordiagnosis.com/cases.php?term=Plant+Poisoning&filter=toxin&values=0.020346&lang=1&from=10

  23. sandy

    minta sturktur kimianya dong…hha

  24. admin, mau tanya saponin itu kan dapat menimbulkan busa… gugus apa pada saponin itu yang menyebabkan terbentunknya busa????
    please d jawab…😀
    =========================================
    Gugus lipofilik dari struktur aglikonnya.

  25. elita

    keren blog nya..🙂

  26. nailatul mahmudah

    sebenarnya asam asiatik dan asitioksida itu ih cenderung ke saponin triterpenoid atau steroid ya? soalnya jurnal seminar literatur yang saya baca, saponin merupakan triterpenoin yang mengandung sedikit sterid???
    =========================================
    Ada baiknya dicantumkan link artikenya supaya lebih jelas nanti membahasnya.

  27. sebenarnya saponin sendiri it tahan panas gg ya?

  28. novia

    oya mau tanaya kalau senyawa saponin itu tahan panas ga ya kalau di ekstraksi dengan air panas dengan suhu diatas 70 derajat..
    mohon banget bantuannya . soalnya ini masalah penelitian ku..
    trimaksih..
    ===========================================
    Sejauh yg kami ketahui metode ekstraksi saponin (saponin-glikosida) tidak menggunakan metode yg anda sebutkan. Ada baiknya anda mengikuti metode ekstraksi yg ada pada artikel2 ilmiah atau buku teks seperti pd ebook no 39 yg ada pd halaman download ebook pd blog ini.
    Semoga info ini bermanfaat.

  29. amel

    mau nanya, yg terkandung dalam daun pepaya itu saponin jenis apa ya? terimakasih sebelumnya..
    =================================================
    Maaf kami belum menemukan datanya.

  30. permisi, saya mau nanya kalo saponin yang terkandung dalam tanaman jalantir itu bisa bersifat sapotoksin untuk hewan berdarah dingin atau tidak? jika tanaman jalantir tersebut digunakan untuk obat manusia.
    ===============================
    Maaf sy belum memiliki referensi ttg hal yg dimaksud

  31. tolong di balas secepatnya, terimakasih banyak
    ===============================
    Maaf kami tdk memiliki datanya

  32. apa reaksi antara air sama saponin, dan jika zat saponin di fermentasi bagaiman reaksinya ? mmohon di bales sangat penting sekali, terimakasih sebelumnya.
    ==========================================
    Apabila saponinnya masih dalam bentuk senyawa glikosida (Sapogenin) maka ikatan glikosidiknya akan putus baik melalui reaksi hidrolisis maupun dengan reaksi enzimatis melalui proses fermentasi. Ada baiknya Neneng download bahan kuliah glikosida yang ada pada halaman download bahan kuliah.
    Semoga membantu.

  33. terimakasih banyak..🙂
    sangat membantu..

  34. roro citra permata

    saya mau bertanya tentang fungsi saponin dalam ekstraksi DNA dengan metode chelex 100 itu apa ya?mohon penjelasannya..terimakasih
    =============================
    Sama dengan efek pada darah maka ada kemungkinan fungsi saponin dalam ekstraksi DNA juga memiliki efek hemolisis komponen sitoplasma yang ada dalam sel.

  35. Salwa w

    kalau saponin itu sebenarnya bisa sebagai antibakteri atau tidak? apalagi kalau dijadikan zat aktif dalam sabun mandi
    ==========================
    Ada baiknya diketahui dulu jenis senyawa saponinnya.

  36. ruth

    saya mau bertanya mengapa saponin itu rasanya pahit?kandungan apa yg ada di dalamnya? thanks
    ============================
    Harap disebutkan lebih lanjut saponin apa yg anda maksud, sebab uji rasa pada uji organoleptis yanh pada berasa pahit itu adalah golongan senyawa alkaloid.

  37. nia

    kak bisa bertanya gak? aku mau nanyain berapa sih renge panjang gelombang saponin?
    ==========================
    Mesti diketahui dulu senyawa saponinnya apa?

  38. apakah senyawa saponin secara umum dapat membunuh larva artemia salina?==================================================
    Tidak semua senyawa saponin dapat berefek demikian. Tergantung pada jenis saponin itu sendiri

  39. kak, aku mau tanya, saponin yang bisa jadi larvasida aedes aegypti itu jenis saponin apa ya kak? terus pada penelitian itu dia ambil saponin pake ekstraksi maserasi pake larutan n-heksan kok malah lethal concentrationnya lebih tinggi, padahal n-heksan non polar saponin polar, gimana ya kak? tolong ya kak dibalas, terima kasih kak.
    ========================
    Jenis sapotoxin

  40. Amalia titisani

    Berarti saponin yang ada di biji alpukat itu jenis sapotoxin ya kak? Terus, sapotoxin itu masuk dalam saponin triterpenoid berati kak? Kalau ada boleh minta literatur tentang sapotoxin kak. Mohon bantuannya ya kak.
    =======================
    Ttg alpukat silahkan rujuk ke blog fitokimiaumi.wordpress.com

  41. Amalia titisani

    Maaf kak, ini pake literaturnya apa ya? Yang bagan saponin atas, terima kasih kak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s