Varicose Vein Syndrome

Vaccinium_myrtillus

Vaccinium myrtillus

Kelainan pada vena telah banyak diakui pengobatannya dengan mengguakan terapi herbal termasuk pada pengobatan yang berhubungan dengan varicosities. Gejala yang dapat timbul pada penyakit ini adalah pelebaran vena yang tidak normal sehingga akan nampak tonjolan vena yang bentuknya berliku-liku. Keadaaan ini terjadi pada vena yang letaknya dipermukaan superficial veins (vena superficial) pada organ ekstermitas (pada tungkai dan lengan). Gejala ini biasa diikuti oleh rasa sakit atau perasaan tidak nyaman dengan gejala lanjutan berupa timbulnya tonjolan yang merupakan akibat dari pembengkakan, hilangnya endotel dan oedema. Hal ini lebih sering terjadi pada vena di betis karena adanya efek grafitasi  yang menekanan vena. Hampir 20% gejala ini timbul pada orang dewasa terutama lagi pada wanita yang hamil.

Gejala ini sekarang telah diketahui penyebabnya, yang merupakan hasil dari aktifitas enzim lysosomal yang menghambat kerja dari proteoglycan pada jaringan elastis yang terdapat pada vena. Proteoglycan berperan dalam proses transport elektrolit, protein dan air, sehingga apabila ia terhambat maka akan menyebabkan oedema. Enzim ini tidak hanya mengurangi kekuatan dari dinding vena, akan tetapi juga menyebabkan pelebaran pada vena. Hasil dari keadaan ini adalah aliran daran menjadi terganggu dan cenderung tidak dapat untuk kembali sehingga akan terjadi komplikasi lebih lanjut berupa thrombophlebitis dan ulcer[1].

Berdasarkan uraian di atas maka tujuan obyektif yang akan dicapai pada pengobatan penyakit ini adalah :
• Menghilangkan oedema
• Mencegah oedema dengan cara mengurangi permeabilitas pembuluh darah
• Menormalkan aliran darah dengan cara meningkatkan tonus pada kapiler
• Menghambat aksi enzim lysosomal
• Menghilangkan pembengkakan dan proses sklerosis[1].

Tujuan obyektif pengobatan di atas mendasari formula tablet herbal yang dibuat dengan menggabungkan 3 jenis ekstrak yaitu; esktrak Hippocastani Semen, ekstrak Myrtilli Fructus dan ekstrak Rusci Rhizoma. Penggabungan ketiga ekstrak ini bertujuan untuk menggabungkan masing-masing efek dari komponen kimia yang terdapat pada ekstrak sehingga diperoleh efek yang sinergi.

Sediaan herbal dibuat dalam formulasi tablet dengan dosis 1 (satu) tablet setiap hari. Jumlah ekstrak yang diformulasi pada tablet didasarkan pada hasil data pengujian masing-masing ekstrak.

Esktrak Hippocastani Semen 600 mg setara dengan kandungan kimia aescin 100 mg yang berguna untuk memberikan efek  peningkatan koefisien filtrasi kapiler secara signifikan yaitu 22%[5]. Selain itu aescin juga berguna untuk meningkatkan tonisitas kapiler.

Ekstrak Myrtilli Fructus_400 mg,  dosis ini didasarkan pada standar preparasi untuk ektrak Bilberry mengandung 36% Anthocyanin adalah 320 -480 mg/hari[5], efek yang diharapkan pada ekstrak ini adalah mengobati oedema, sebagai antiinflamasi dan anti aterosklerosis[1].

Ekstrak Rusci Rhizoma 300 mg, dosis ini didasarkan pada sedian kapsul atau tablet yang beredar di Eropa[1], efek yang diharapkan dari ektrak ini adalah meningkatkan kelenturan pada sel-sel otot vascular, sehingga tonus vena juga turut meningkat [1]. Lama pemakaian obat ini minimal 30 hari, hal ini didasarkan pada penelitian terhadap penggunaan Anthocyanin (480 mg/hari) pada pengujian dengan menggunakan metode double-blind terhadap pasien yang mengalami oedema[7].

Download Artikel

2 Komentar

Filed under Fitoterapi

2 responses to “Varicose Vein Syndrome

  1. Fithry Elfikry

    assalamualaikum, saya tlh baca blog ibu ttg Vaccinium myrtillus… dan saya sendiri mengalaminya. saya belum menikah ttp varises itu udah kelihatan, tapi masih sangat halus… dan saya juga mengalami wasir yg kronis..padahal pola makan saya cukup sehat, tidak ketinggalan sayur2an.. apa ada hubungannya dengan permasalahan pada vena saya? apakah abat alami ini telah diformulasi menjadi sediaan farmasi di pasaran? kalo udah, namanya apa?

    terima kasih
    ========================================
    Wa ‘alaykumussalam warahmatullahi wabarakatu
    Terima kasih untuk berbagi, tentang sediaan yang mengandung bahan alami Vaccinium myrtillus telah lama digunakan diluar negeri akan tetapi informasi mengenai sediaannya apakah telah beredar di Indonesia sampai sekarang sy belum memperoleh informasi.
    Sebenarnya salah satu produk untuk kesehatan mata juga mengandung Vaccinium myrtillus dan diproduksi oleh salah satu perusahaan obat Indonesia.
    Mengenai obat wasir yang mengandung bahan alamiah telah lama beredar dipasaran ( Ambeven) dan itu bisa menjadi pilihan. Demikian penjelasan sy dan semoga bisa bersabar dengan cobaan ini…..
    Sebagai tambahan saya bukan Ibu tapi Bapak (Tulen)🙂 , lengkapnya bisa diklik pada halaman tentangku…..

  2. Lisa Prakeshi

    Assalamualaikum wr wb.

    Saya, ibu rumah tangga, 44 th, menderita bengkak oedema pada kaki kanan (saja). Setelah pemeriksaan selama kurang lebih 1 tahun (jadi bengkak makin lama makin besar) baru ketahuan kalau disebabkan insufficiency venous=== katutp vena menutup tidak sempurna & terlalu pelan. Saya berharap memperoleh jalan keluar untuk mempercepat penyembuhan, karena dokter tidak mengoperasi, tidak memberikan obat, hanya menyarakan olahraga sepeda dan renang.

    Terima kasih. Jazakumullah. wassalamualaikum wr wb
    =======================================
    Wa ‘alaykum mussalam warahmatullahi wabarakatuh
    Semoga cepat pulih bu…..saran dokter sudah mengena dan olah raga memang adl solusi yang tepat saat ini untuk ibu.
    Tetap sabar yach bu.
    Kalau mau bertanya kepada yg lebih ahli silahkan di klik link ini:
    http://zulliesikawati.wordpress.com/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s