Transport Pada Sel

Sistem transpor membran

Salah satu fungsi dari membran sel adalah sebagai lalu lintas molekul dan ion secara dua arah. Molekul yang dapat melewati membran sel antara lain ialah molekul hidrofobik (CO2, O2), dan molekul polar yang sangat kecil (air, etanol). Sementara itu, molekul lainnya seperti molekul polar dengan ukuran besar (glukosa), ion, dan substansi hidrofilik membutuhkan mekanisme khusus agar dapat masuk ke dalam sel.

Membran Plasma

Membran Plasma

Banyaknya molekul yang masuk dan keluar membran menyebabkan terciptanya lalu lintas membran. Lalu lintas membran digolongkan menjadi dua cara, yaitu dengan transpor pasif untuk molekul-molekul yang mampu melalui membran tanpa mekanisme khusus dan transpor aktif untuk molekul yang membutuhkan mekanisme khusus.

Sel Prokariotik. Kata prokariota (prokaryote) berasal dari bahasa Yunani, pro yang berarti “sebelum” dan karyon yang artinya “kernel” atau juga disebut nukleus. Sel prokariotik tidak memiliki nukleus. Materi genetiknya (DNA) terkonsentrasi pada suatu daerah yang disebut nukleoid, tetapi tidak ada membran yang memisahkan daerah nukleoid ini dengan bagian sel lainnya.

Sel Prokaryotik

Sel Prokaryotik

Sedangkan sel eukariotik, eu berarti “sebenarnya”dan karyon berarti nukleus. Eukariotik mengandung pengertian memiliki nukleus sesungguhnya yang dibungkus oleh selubung nukleus.

Sel Eukaryotik

Sel Eukaryotik

Perbedaan Sel Eukariot dan Prokariot

  1. Eukariot mempunyai real nucleus krn materi inti dilingkupi oleh membran inti, sedang prokariot tidak mempunyai inti yang sebenarnya, materi inti tersebar dlm sitoplasma krn tdk mempunyai membran inti.
  2. Eukariot memiliki DNA yang lebih kompleks, lebih banyak mengandung pasangan basa nukleotida, sehingga harus digulung pada protein histon (ada histonnya), sedang Prokariot memiliki DNA yang lebih sederhana, lebih sedikit mengandung pasangan basa nukleotida, berbentuk sirkuler.
  3. Eukariot memiliki kromosom > 1, sedang Prokariot hanya memiliki kromosom tunggal.
  4. Eukariot memiliki intron dan ekson, sedang Prokariot tidak memiliki intron, hanya ekson.
  5. Eukariot tidak memiliki operon, prokariot ada operon.
  6. Pada Eukariot transkripsi terjadi di inti dan translasi terjadi di sitoplasma. Keduanya tidak dapat dilakukan secara bersamaan, sedang pada Prokariot transkripsi dan translasi dapat terjadi secara simultan.
  7. Pada Eukariot transkripsi lebih rumit dikarenakan akses RNA polymerase terhadap DNA lebih lamah akibat DNA dikemas secara kompak dengan protein histon, sedang pada Prokariot transkripsi terjadi lebih sederhana.
  8. Pada Eukariot regulasi sintesis proteinnya lebih kompleks, sedang pada Prokariot regulasi sintesis protein lebih sederhana.

Klik Penjelasan  mengenai sel

Transpor pasif

Transpor pasif merupakan suatu perpindahan molekul menuruni gradien konsentrasinya. Transpor pasif ini bersifat spontan. Difusi, osmosis, dan difusi terfasilitasi merupakan contoh dari transpor pasif. Difusi terjadi akibat gerak termal yang meningkatkan entropi atau ketidakteraturan sehingga menyebabkan campuran yang lebih acak. Difusi akan berlanjut selama respirasi seluler yang mengkonsumsi O2 masuk. Osmosis merupakan difusi pelarut melintasi membran selektif yang arah perpindahannya ditentukan oleh beda konsentrasi zat terlarut total (dari hipotonis ke hipertonis). Difusi terfasilitasi juga masih dianggap ke dalam transpor pasif karena zat terlarut berpindah menurut gradien konsentrasinya.

Difusi

Adalah peristiwa mengalirnya/berpindahnya suatu zat dalam pelarut dari bagian berkonsentrasi tinggi ke bagian yang berkonsentrasi rendah. Contoh yang sederhana adalah pemberian gula pada cairan teh tawar. Lambat laun cairan menjadi manis. Contoh lain adalah uap air dari cerek yang berdifusi dalam udara

Osmosis

Adalah perpindahan air melalui membran permeabel selektif dari bagian yang lebih encer ke bagian yang lebih pekat. Membran semipermeabel harus dapat ditembus oleh pelarut, tapi tidak oleh zat terlarut, yang mengakibatkan gradien tekanan sepanjang membran. Osmosis merupakan suatu fenomena alami, tapi dapat dihambat secara buatan dengan meningkatkan tekanan pada bagian dengan konsentrasi pekat menjadi melebihi bagian dengan konsentrasi yang lebih encer. Gaya per unit luas yang dibutuhkan untuk mencegah mengalirnya pelarut melalui membran permeabel selektif dan masuk ke larutan dengan konsentrasi yang lebih pekat sebanding dengan tekanan turgor. Osmosis adalah suatu topik yang penting dalam biologi karena fenomena ini dapat menjelaskan mengapa air dapat ditransportasikan ke dalam dan ke luar sel.

Transport Lintas Membran

Proses transport melalui membran terjadi melalui 2 mekanisme, yaitu transport aktif dan transport pasif. Transport pasif terjadi tanpa memerlukan energi sedangkan transport aktif memerlukan energi.
Yang termasuk transport pasif adalah :
a. difusi sederhana,
b. transport dengan fasilitas,
c. transport lewat ion channel.

Difusi_Terfasilitas

Transport dengan cara difusi fasilitas mempunyai perbedaan dengan difusi sederhana yaitu difusi fasilitas terjadi melalui carrier spesifik dan difusi ini mempunyai kecepatan transport maksimum (Vmax). Suatu bahan yang akan ditransport lewat cara ini akan terikat lebih dahulu dengan carrier protein yang spesifik, dan ikatan ini akan membuka channel tertentu untuk membawa ikatan ini ke dalam sel. Jika konsentrasi bahan ini terus ditingkatkan, maka jumlah carrier akan habis berikatan dengan bahan tersebut sehingga pada saat itu kecepatan difusi menjadi maksimal (Vmax). Pada difusi sederhana hal ini tidak terjadi, makin banyak bahan kecepatan transport bahan maakin meningkat tanpa batas.

Transport­_Ion­­_Channel

Transport lewat ion channel khusus bagi ion-ion yang sulit ditransport secara difusi akibat muatan listriknya. Ion channel ini mempunyai sifat yang sangat selektif dan terbukanya channel tersebut akibat potensial listrik sepanjang membran sel dan melalui ikatan channel dengan hormon atau neurotransmitter.

Transport Passif dan Aktif

Transport Passif dan Aktif

Transpor aktif

Merupakan kebalikan dari transpor pasif dan bersifat tidak spontan. Arah perpindahan dari transpor ini melawan gradien konsentrasi. Transpor aktif membutuhkan bantuan dari beberapa protein. Contoh protein yang terlibat dalam transpor aktif ialah channel protein dan carrier protein, serta ionophore

Transport aktif terbagi atas transport aktif primer dan sekunder. Transport aktif sekunder juga terdiri atas co-transport dan counter transport (exchange).

Transport aktif primer memakai energi langsung dari ATP, misalnya pada Na-K pump dan Ca pump. Pada Na-K pump, 3 Na akan dipompa keluar sel sedang 2 K akan dipompa kedalam sel. Pada Ca pump, ca akan dipompa keluar sel agar konsentrasi Ca dalam sel rendah.

Carrier Ionophore

Carrier Ionophore

Transport sekunder co-transport

Pada transport sekunder co-transport , glukosa atau asam amino akan ditransport masuk dalam sel mengikuti masuknya Natrium. Natrium yang masuk akibat perbedaan konsentrasi mengikutkan glukosa atau asam amino ke dalam sel, meskipun asam amino atau glukosa di dalam sel konsentrasinya lebih tinggi dari luar sel, tetapi asam amino atau glukosa ini memakai energi dari Na (akibat perbedaan konsentrasi Na). Sehingga glukosa atau asam amino ditransport secara transport aktif sekunder co-transport

Transport sekunder counter-transport

Pada proses counter transport/exchange, masuknya ion Na ke dalam sel akan menyebabkan bahan lain ditransport keluar. Misalnya pada Na-Ca exchange dan Na-H exchange. Pada Na-Ca exchange, 3 ion Na akan ditransport kedalam sel untuk setiap 1 ion Ca yang ditransport keluar sel, hal ini untuk menjaga kadar Ca intrasel, khususnya pada otot jantung sehingga berperan pada kontraktiitas jantung. Na-H exchange terutama berperan mengatur konsentrasi ion Na dan Hidrogen dalam tubulus proksimal ginjal, sehingga turut mengatur pH dalam sel.

Download PDF (PPT)

76 responses to “Transport Pada Sel

  1. fitri

    penjelasannya kurang lengkap, diperdalam lagi.

  2. cian

    Tolong diperjelas materi ini agar semua bisa mengerti.
    Terima kasih

  3. tyara

    tx,penjelasannya sangat membantu

  4. ghulam

    thank info x bantu banget

  5. ade

    baguz banget tpi hruz ada fungsi2 nyan donxx….

  6. Muh Iqbal Alimuddin

    Bgus sich,tpi pnjelasn x krn lengkap n KRng mndlAm

  7. Andy

    penjelasanx bgus..tp harus lebih didalami lg..

  8. tyas

    sebener’a bagus pi kurang lengkap

  9. Ferry Martin

    pada transpor aktif gk ada cntohnya di khidupan sehari-hari?,,klw mnurut saya ushain ada,klw gk ksan nya jd kurang lngkap..
    trima kasih

  10. ines

    contohnya diperbanyak , seperti dalam kehidupan seharihari .
    penjelasaanya kurang lengkap .
    makasih 🙂

  11. fitria

    pnjlsannya ckup mmbntu.
    tp tlong dberi cnth yg lngkap pd trnspr pasif&trnspor aktf.
    trmaksh

  12. erika

    materinya kurang lengkap
    tolong di perlengkap yah…..
    =============================
    Kapan2 kalo mampir lagi link sel dan presentase diklik juga, itu untuk melengkapi penjelasan………………….

  13. monica

    makasih ya infonya…
    =========================================
    Sama2 n sering2 adja mampir, kali2 adja masih ada file yang bisa membantu……

  14. aullia

    knpa g da yang jelasin tentang membran intrasel sih??
    =========================================
    Terima kasih atas sarannya, semoga kedepannya bisa ditambah…..

  15. irwan

    thank’s buat penyajiannya, dngn ni saya dapat mnmbh wawasan tntang study ipa saya…..
    =======================================
    Kapan2 mampir lagi yach karena pada klik yang ke 10.000x sy akan bagi2 e-book GRATIS……

  16. nosax

    Thanks banget…………..sangat membantu buat kerjain tugas aku

  17. Firdha

    trimakasi,, tulisannya membantu u/ menambah literatur saya.

    tp tetep ajah masi agag blum paham getu!!
    =======================================
    Belajar….belajar dan belajar lagi 🙂 🙂 🙂

  18. mank bayu

    terima kasih atas pengetahuannya, saya bisa belajar lebih baik dengan refren ini..,,
    ========================================
    Sama2 , semoga belajarnya jadi tambah lancar…………..

  19. Onha berkata

    Masih krang lengkap penjelasannya….tlg di lengkapi lagi…Tq
    ======================================
    Lebih jelas lagi apa yang mesti dilengkapi…….?

  20. dezy lestary

    maksi udah ngbantu tugass sya,,,,

  21. arief juniawan,drh

    kurang detail aja statmentnya…..gambarnya udah oke
    =======================================
    Sekiranya yang kurang detail itu dapat disebutkan (yang mana), maka semoga suatu waktu dapat ditambahkan

  22. isman riadi

    mantabbbb

  23. lala

    baguss……… terimakasih

  24. kurang efektif dan masih membingungkan ti dak mengenai inti dari tema atau judul thanks

  25. ditha

    terima kasih ya,…materi ini sangat membantu saya,….
    ======================================
    smg lain kali masih mau mampir

  26. aini

    maaf sebelumnya… Menurut saya materi ini kurang lengkap. Jadi, mohon dilengkapi kembali.. Sekian terima kasih banyak…
    =======================================
    Kalo boleh tau yang kurang pada bagian mana yach…….?

  27. Lestarii

    makasihh…tugass saya ada d sini ketemu dehh
    ======================================
    sama-sama n smg kedepannya tugasnya didapat dibog ini lagi

  28. listy

    tolong sebutkan dan jelaskan mengenai contoh transprt membran dalam kehidupan sehari-hri,saya sangat membutuhkannya,.terimakasih atas tanggapannya,, 🙂

  29. Made Balineseman

    Ehm……..nice sih i like it

    perlu ditingkatkan lage

  30. ram

    ha,..ha,,..nunut coment,……

  31. wlinger

    makasih banget…. blog nya membantu banget…
    =======================================
    sama2 smg blog ini bisa lebih bermanfaat

  32. reza

    terimakasih untuk infonya, tapi ada tentang pertautan sel?

  33. mansyah

    thankz y bwt materix cz bz membntu sya dan tman2 dlm menylsaikan tugas.
    ========================================
    semoga saja artikel yang lain suatu waktu dapat membantu juga……..

  34. assalamualaikumm……..
    wahai saudara seiman……
    kami merasa terbantu sekali dengan artikelmu ini
    jazakumullohu khoirun jaza……
    ======================================
    Wa ‘alaykummussalam warahmatullahi wabarakatuh
    Semoga tetap memberi manfaat
    Wa jazaakumullohu khoran………

  35. www

    numpang tanya, namanya siapa ya?
    ======================================
    namanya Nadjeeb sesuai dgn blognya

  36. tika

    trimakasih….saya sedikit terbantu mengerjakan tugas kuliah…. sebagai tambahan aja…gambarnya lebih baik doperdetail lg…
    =======================================
    kalau mau lebih detail klik saja gambarnya

  37. makasih yaa
    artikelnya sangat membantu

  38. riiiiiiisa

    makasihhhhhh…………………..
    semoga artikel semakin lengkap lagiiii. dan bisa mbntu tgas”.
    heeeheeeeeheeeee

  39. gambarnya membatu banget thanks

  40. mr. M

    yg buad kand manusia biasa, yg gak selama’nya perfect dalam dalam menyelesaekan sesuatu..
    saya harap, artikel’nya di perlengkap lagii…
    dan lumayan membantu tugas saya..
    terimakasihh..
    🙂

  41. Triana Riskita Putri Abdullah

    transpor pasif di bedakan atas difusi dan osmosis. sementara itu, difusi di bedakan manjadi difusi terbantu dan difusi sederhana. apa itu sama? dan apa perbedaan transpor aktif dan transpor aktif…? makasih..
    ==================================================
    semoga link ini bisa membantu, silahkan di Klik

  42. benzu

    sya perlu bantuan ne.,.!!!
    1. suspensi
    2. isotonis
    sya perlu pngertiaan@.,.
    mdah2_an ada yg dpat membantu
    ================================================
    Semoga jawaban ini membantu
    1. Suspensi
    Dalam ilmu kimia, suspensi (Inggris: suspension) adalah suatu campuran fluida yang mengandung partikel padat. Atau dengan kata lain campuran heterogen dari zat cair dan zat padat yang dilarutkan dalam zat cair tersebut. Partikel padat dalam sistem suspensi umumnya lebih besar dari 1 mikrometer sehingga cukup besar untuk memungkinkan terjadinya sedimentasi. Tidak seperti koloid, padatan pada suspensi akan mengalami pengendapan/sedimentasi walaupun tidak terdapat gangguan.
    Suspensi cairan atau padatan (dalam jumlah kecil) di dalam gas disebut sebagai aerosol. Contoh sistem aerosol dalam kehidupan manusia adalah debu di atmosfer.

    2. Isotonis
    Dalam sistem osmosis, dikenal larutan hipertonik (larutan yang mempunyai konsentrasi terlarut tinggi), larutan hipotonik (larutan dengan konsentrasi terlarut rendah), dan larutan isotonik (dua larutan yang mempunyai konsentrasi terlarut sama). Jika terdapat dua larutan yang tidak sama konsentrasinya, maka molekul air melewati membran sampai kedua larutan seimbang.

  43. andinnii

    tolong di perjelas lagi materinyaa ,,

    saya masih bingung dengan difusi terfasilitasi ,,

    mohon di tambah bacaannya ,,
    di lengkapii ,, !!
    dengan penjelasan contoh ,, !!
    ================================================
    semoga link ini bisa membantu, silahkan di Klik

  44. Chandra

    Contoh masing2 transpor pd membran sel dalam kehidupan sehari-harinya apa ya?
    Thanks..
    =================================================
    Semua yang dijelaskan pada tulisan ini adalah contoh sehari2 yang terjadi pada tingkat selluler

  45. saya mau bertanya contoh transpor aktif selain itu apa yah? terus kenapa difusi itu secara spontan? alasannya?
    ================================================
    Terjadi secara spontan karena mekanismenya searah dengan gradien konsentrasi (dari tinggi ke rendah) lengkapnya silahkan download bahan kuliah ini dengan klik linknya

  46. Midori Tania

    Saya ingin bertanya seputar transport aktif sel. Kenapa ion K selalu dipertahankan lebih banyak di dalam sel …??
    =================================================
    Secara alamiah keadaan homestatis demikianlah adanya, sekiranya ion Kalium berada lebih banyak diluar sel maka keadaan homestatis pada sel tidak akan pernah terjadi.

  47. thanks ya atas
    penjelasannya
    ================================================
    Sukses selalu smg semakin membantu

  48. Radenyogana

    terimakasih banyak, sangat membantu.. 🙂

  49. Mkasi yach. . . .
    =================================================
    Sama2, senang bisa membantu.

  50. Efka

    Saya mau bertanya…. Mohon jawabannya…
    Transkripsi dan translasi pada sel prokariotik terjadi di mana?
    =================================
    Semua terjadi pd nukleoplasma.
    Berbeda dgn sel eukaryotik, translasi terjadi di sitoplasma tepatnya pd ribosom.

  51. informasinya bagus sekarang bis tau , tapi penjelasannya ada yg lebih singkat ga ? biar lebih mudah memahami . terima kasih
    ===============================================
    Semoga ini bisa membantu; si;ahkan diklik link ini

  52. meli

    mkasih tas ilmu n ifonya bhan ne sngat mmbntu saia tuk bljar…

  53. Mohammad Bagus

    thanks infonya karena sudah membantu

  54. hasnawati

    assalmu alaikum… kak dimana kalau mau liat penjelasan,contoh obat dan mekanisme kerjanya transpor pasif n transport aktif yg secra detail ?
    mohon bantuannya..makasih.wasslm…
    =========================================
    Waalaykum mussalam
    Silahkan digoogling menggunakan kata kunci dlm bahasa Inggris; spt ‘active transport’ atau kata lain yg berhubungan dgn hal tsb

  55. makasii..membantu sekali tulisannya,, 🙂
    salam kenal, ayo tukar link..
    mampir juga ke blog saya, http://blog.umy.ac.id/arsasih

  56. Addinul Fitri

    thanks tas blognya,,
    ne membantu Q untk bljr 🙂
    ^_^

  57. Rifal

    lbih bgusx klu ditmbahin dgn kelebihan transpor aktif dbndingkan pasif ataupun sebalikx 🙂
    =========================================
    Trims sarannya
    smg sj bisa anda bisa menemukannya diblog/web yg lain.

  58. Thanks ya,ngebntu bngt nich buat blajar nyelesain tugas…lanjutin trus ya bg2 infonya.sukses

  59. Titi Samal

    Saya lagi ada tugas nih. tolong bantu yah !pls.
    Proses transportasi sel dalam darah dan apa fungsinya ! =========================================
    Salah satunya adalah transport glukosa.
    Mekanismenya telah dijelaskan pd artikel ini.

  60. . .gambarnya kurang lengkapp 😦
    .tolong di lengkapin dongg supaya materi khuu bisa lengkap juga untuk penjelasan nanti di atas kelass 🙂
    .tolong lengkapin yachh
    .aq tunggu nanti aq liatin lagi materinya sama gamber yang aq perlukan yachh 🙂
    =========================================
    Silahkan download pd halaman download matakuliah dibagian biosel materi transport sel.
    Jgn lupa cantumkan sumbernya.

  61. ryat

    kurang lengkap skli jdi cpek new

  62. kak .. biyar semuanya bilang kurang lengkap ..
    aku yang bilang lengkap dewe ..
    hehe soale qw gk tauuu .. hehehehe .. tapi bagus kok .. thanks yach ..
    =========================================
    Trims Fify n sukses selalu kuliahnya. Semoga menjadi perawat yg mumpuni :-bd.

  63. bro, kalo transportsi aktif yang ada di tubuh manusia itu apa??

    mohon dijawab… saya ada tugas nihh..
    =============================
    Baca baek2 artikelnya disitu sdh di bahas

  64. Nining ibrahim di ternate

    Hmmmm bagus sihhh tapi kurang lengkap ,,,
    aku senang liat yg ada saja yg lain tidak ada ,,,,,
    jadi di lengkapi yaaa spya yg lain bisa bikin tgs yg lengkap,,,

  65. yudo afandi

    mau bertanya pada proses Maserasi terdapat 2 prinsip dasar yaitu osmosis dan difusi, pertanyaannya manah yang terjadi lebih dahulu osmosis atau difusi?

    terimakasih mohon jawabannya
    ===============================
    Tidak hanya pada maserasi akan tetapi semua metode ekstraksi bahan alam berlaku prinsip osmosis dan difusi. Osmosis dahulu lalu difusi. Cairan penyari krn perbedaan konsentrasi yg masuk ke sel melalui proses osmosis dan keluar secara difusi setelah menyari komponen kimia yg terdapat pada sampel.

  66. minta tlong dong ada yg bisa jelasin apa perbedaan antara co-transport dan counter transport(2 saja) terimakasih

  67. hamzan

    thanks for info

  68. Makasih banget lagi ngerjain tugas bio

    Lengkap & jelas ++

    Goodd

  69. Ping-balik: Laporan Pratikum Biologi osmosis – zabdulwahabnet

  70. Terimakasih. penjelasan yang lengkap dan jelas, tapi alangkah lebih baik lagi jika dalam penjelasan diperdalam dan mendetil.
    =====================
    👍🏻

Tinggalkan komentar