Senyawa Kumarin & Flavonoid

Kumarin yang merupakan senyawa yang paling sederhana dari jenis ini barangkali adalah suatu hasil yang muncul dari pemecahan glukosida secara enzimatik. Biosintesis tergantung pada ortho-hidroksilasi yang tidak umum dari Cinnamic acid, serta enzim yang cocok telah dapat dideteksi. Hidroksikoumarin umbelliferon, muncul melalui ortho-hidroksilasi p-coumaric acid.  Dafnin dan cichorin direduksi bahwa pembentukannya melalui umbelliferon. Furanokoumarin, misalnya berasal dari isoprenilkoumarin . Biosintesis meliputi 7-dimetilsuberosin.

Beberapa Bahan Alam Penghasil Senyawa Kumarin

Novobiosin dihasilkan oleh suatu mikroorganisme Streptomyces niveus . Asal residu kumarin adalah dalam tirosin (dan karenanya berbeda asal kumarin tanaman) dan oksigen cincin dari oksigen karboksil tirosin.

Semula flavonoid, menurut strukturnya merupakan turunan senyawa  induk flavon  yang terdapat berupa tepung  putih pada tanaman. Flavonoid merupakan senyawa fenol yang larut  dalam air. Flavonoid mengandung system aromatik yang terkonyugasi.

Umumnya flavonoid  terdapat pada tumbuhan  terikat pada gula sebagai glikosida dana glikon flavanoid, yang mana munkin saja terdapat dalam satu tumbuhan  dalam beberapa  bentuk kombinasi glikosida.

Pada oksigenasi yang diperlihatkan pada sifatnya karakteristik dan dapat dirunut kembali keasalnya system itu, yaitu tiga unit asetat yang bergabung kepala ke ekor (cincin A) dan suatu fragmen  p-koumaril (cincin C dan B).

Tahapan kunci dalam biosintesis semua flavanoid dicapai dengan pembentukan suatu zat antara kalkon flavon. Pelabelan serta bukti-bukti enzim yang berkaitan dengan pembentukan kalkon, berlangsung melalui kondensasi p-koumaril koenzim A dengan tiga unit malonil KoA (asetil KoA). Kalkon adalah zat antara pertama yang teridentifikasi. Interkonversi kalkon-flavanon  diperlihatkan stereospesifik.

Flavonoid terdapat dalam semua tumbuhan berpembuluh tetapi beberapa kelaslebih tersebar daripada yang lainnya : flavon dan flavonol terdapat semesta, sedangkan isoflavon dan biflavon hanya terdapat dalam beberapa suku tumbuhan.

Flavonoid terdapat dalam tumbuhan sebagai campuran,  jarang sekali dijumpai sebagai flavonoid tunggal. Selain itu sering terdapat campuran  yang terdiri atas flavonoid yang berbeda kelas.

Download Artikel Lengkap

4 Komentar

Filed under Metabolit Sekunder

4 responses to “Senyawa Kumarin & Flavonoid

  1. Ass. Wr. Wb…..ka’, materi kurkumin dan flavanoid ta, saya download, makasih,
    =================================
    Was Wr. Wb
    Silahkan smg bermanfaat.

  2. indira

    ass,wr.wb pak ada tidak materi tentang biosintesis alkaloid dan turunannya??
    =========================================
    Wass wr wb
    Silahkan download pd halaman bahan kuliah atau langsung download ebooknya (Dewick Natural Product) pd halaman free ebook

  3. fadillah maryam

    asslm….
    kk materi flavanoid dan resinx sy download sbg bahan asistensi farmako nnti….
    makasihh banyak kk, blog ta membantu skali…🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s