Sebuah Perenungan

Semoga Kesedihan Pupus

Semoga Beban Hidup Lebih Ringan

Bagi yang sering mampir diblog ini mungkin sedikit heran koq kenapa tulisan semacam ini tiba2 nongol tanpa ada kata resin, glikosida ataupun semacamnya………………? Ini adalah hasil dari sebuah perenungan tentang kehidupan di mana seseorang cepat atau lambat akan tiba pada titik ini, baik dia menyadarinya ataupun tidak.

Dikala harapan tidak sesuai dengan kenyataan ataupun terkadang yang diharapkan jauuuuh dari realitas yang ada, namun suka ataupun tidak  harus dijalani jua, pahit memang dengan segala kegetiran yang mesti kita telan bersama  kepedihan yang terasa semakin sesak dengan beban yang terasa pilu menyertainya.

Naaah dimana anda pada saat mengalami hal seperti ini…….? Apakah anda membiarkan keterpurukan itu terus berlanjut dan larut dengan kesedihan…? Ataukah berusaha untuk bangkit dan mencari pemecahan masalah…………? Ingatlah sekiranya kesedihan itu tidak pupus sedikit demi sedikit maka telah banyak korban yang jatuh karena kesedihan itu; akan tetapi kenyataannya tidak. Ingatlah betapa banyak orang berhasil dari awal keterpurukan; sekarang buka mata anda……..!

Cobalah pandangi sosok yang telah diciptakan ‘sempurna’ itu, dia masih tegak pada kedua kakinya, kedua lengannya masih sempurna, pandangilah matanya masih tetap menerima sinar dan mampu melihat dengan sempurna, cobalah untuk ‘bangun’ dari kesedihan dan syukuri apa yang anda punyai saat ini.

Saat ini mungkin ada laporan yang telah dibuat sebulan yang lalu akan tetapi belum juga di ACC oleh asisten, ataupun ada bahan ujian yang masih menumpuk dan belum sempat dipelajari, sedangkan ujian tinggal sesaat lagi, ataukah tugas akhir yang belum kelar2 juga. Carilah pangkal permasalahannya dengan mengingat bahwa jarak yang bermil2 ditempuh dengan sebuah langkah2 yang kecil maka dengan itu kita akan sadar bahwa laporan yang berlembar2 ternyata hanyalah sebuah susunan dari huruf2 maka rangkailah kembali huruf2 itu agar lebih baik dan bacalah lembar2 bahan kuliah itu dengan tekun sambil beharap semoga hasil yang anda capai adalah yang terbaik.

Atau cobalah memandang permasalahan itu dari sudut yang lain; yakni dari sisi pandang akan sebuah hikmah dalam hidup. Bagi yang selama ini urusannya lancar dan tiba2 ‘mandeq’ salah satu hikmahnya bahwa anda jangan terlalu angkuh dengan keberhasilan yang telah dicapai. Bagi anda yang masih gundah, hikmahnya mungkin beberapa waktu belakangan ini anda kurang dekat dengan 4JJI Subhanahu wa Ta ‘Ala atau jangan2 karena kesibukan anda sampai lupa waktu untuk menyembahNya; coba kembalilah lebih dekat dengan yang menciptakan kita……………..

Janganlah bersedih……………….

dikala kita masih memiliki Iman

dikala tangan kita masih memiliki sekerat roti untuk dimakan dan secangkir air untuk diminum

dikala badan ini masih ada sehelai kain untuk melindungi dari teriknya siang dan dinginnya malam.

Yakinlah bahwa kehidupan ini berputar hanya pada dua poros saja, yaitu kesenangan dan kesedihan jikalau senang bersyukurlan; jikalau sedih bersabarlah; dengan sebuah keyakinan bahwa apapun yang terjadi pada kita itulah adalah ketetapan terbaik dari 4JJI.

Untuk yang masih gundah dan bersedih ayo bangkit dan tetaplah berharap bahwa hidup tak selamanya dalam penderitaan, ingatlah dikala malam telah mencapai titik terpekatnya maka sesaat setelah itu fajar akan menyingsing.

7 Komentar

Filed under Perenungan

7 responses to “Sebuah Perenungan

  1. muflihunna

    nice post
    patut ntuk direnungkan!!!!

  2. Rosidah Mahdi

    Subhana Alloh,..
    Sebuah bacaan yang indah dan membuka matahatiku,…
    Jazakallahu khairan,…

  3. @Rosidah Mahdi
    Makasih comment & semoga manfaatnya juga ada pada penulisnya……..

  4. sabrina

    alhamdulillah, thx Pak..bener2 membuka matahati dan fikiran,moga tulisan cantik ini dinilai ibadah oleh Allah,,amin

  5. suci

    terima kasih …
    memberi inspirasi…

  6. aktsar R

    aslam… subhanallah…. semoga kita semua bisamenjadi orang-orang yang bersyukur…amin

  7. iin

    matur nuwun mas…..
    sangat sangat sangat membantu….
    =================================
    Trims smg bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s