Buat Seluruh Anak Farmasi Umi

HABBATUSSAUDA OBAT SEGALA MACAM PENYAKIT

ALLAH Azza wa Jalla tidak menjadikan apa-apa yang Ia ciptakan hanyalah sia-sia belaka melainkan ada hikmah dibalik semua penciptaan-Nya itu”…..Ya Tuhan Kami, Tiadalah Engkau Menciptakan Semua Ini Dengan Sia-Sia”(Terjemahan QS Ali ‘Imran ayat 191)
ALLAH Azza wa Jalla menjadikan tanah sebagai tempat tumbuhnya segala macam tumbuh-tumbuhan yang berguna ada diantaranya dapat digunakan sebagai bahan makanan seperti berbagai suku padi-padian (Poaceae) yang merupakan sumber karbohirat seperti padi dan gandum dan ada pula tanaman sebagai sumber protein nabati dari suku polong-polongan (Leguminoceae) seperti kacang kedelai dan kacang tanah. Ini hanyalah contoh kecil dari apa yang telah ditumbuhkan oleh tanah dan dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan manusia dalam mempertahkan kelangsungan hidupnya.
Jintan yang kerap digunakan bijinya, termasuk sebagai salah satu bahan bumbu dapur berbau khas. Biasanya, masakan-masakan daerah seperti dari Jawa dan Sumatera sering menambahkan bahan ini ke dalam masakannya. Jenis jintan, terbagi dalam dua rupa, yaitu jintan putih dan jintan hitam. Jintan yang sering dijadikan bumbu masak adalah jintan putih.
Khusus jintan hitam (Nigella sativa Linn) ternyata banyak mengandung khasiat untuk mengatasi berbagai penyakit. Di beberapa daerah, biji yang juga disebut jintan hitam pahit di Malaysia ini juga digunakan sebagai peluruh keringat, peluruh kentut, perangsang, peluruh haid, dan memperlancar air susu ibu (ASI).
Jintan hitam yang dikenal juga sebagai Black cumin,Kalonji, habbatus sauda, black seed, love in the mist, fitches,black caraway, black onion seed,charnushka.
Klasifikasi Habbatus Sauda (Jintan Hitam) sebagai berikut :
Kingdom : Plantarum
Divisio : Spermatophyta
Sub Divisio : Angiospermae
Klas : Dicotyledonae
Sub Klas : Dialypetalae
Ordo : Ranunculales
Familia : Ranunculaceae
Genus : Nigella
Species : Nigella sativa
Pohon jintan hitam mempunyai daun tunggal kadang juga dijumpai berdaun majemuk dengan posisi tersebar atau berhadapan. Bentuk daunnya bulat telur berujung lancip pada permukaannya terdapat bulu halus memiliki panjangnya 5 -10 cm. Jintan hitam dihasilkan dari bijinya. Pohonnya menghasilkan bunga berwarna ungu muda atau putih. Tumbuhan jintan ini umumnya memiliki tinggi 50 centimeter berbatang tegak, berkayu dan berbentuk bulat menusuk. Buahnya berbentuk kapsul yang mengandung banyak biji-biji kecil berwarna putih dan berbentuk trigonal. Setelah matang kapsulnya terbuka dan biji-biji ini akan berubah menjadi hitam setelah terpapar di udara.
Tumbuhan ini mengandung glikosida saponin, minyak atsiri, zat pahit, minyak lemak,d-limonena, simena, saponin, zat pahit, jigelin, nigelon, dan timokonon. Berbagai kandungan ini didapat dari biji jintan hitam.
Secara terperinci kandungan dalam jintan hitam adalah sebagai berikut:
* Monosaccharide glukosa, xylosa dsb.
* Mengandung komponen yang berguna sebagai bahan diet fiber (Serat).
* Kaya dengan fatty acid yang tidak jenuh (unsaturated essential fatty acids, EFA).
EFA tidak dihasilkan oleh tubuh kita, karena itu sumber utamanya ialah makanan.
* Asam amino yang membentuk protein. Asam amino tidak dapaj disintesis
secukupnya dalam tubuh kita. Oleh karena itu sumber utamanya juga dari makanan.
* Mengandung karotene yang kemudian diproses oleh (liver) mejadi vitamin A.
Vitamin A adalah dikenali sebagai anti-cancer activity.
* Sumber kalsium, zat besi dan potassium yang berfungsi sebagai (cofactors)
pengimbang kepada fungsi enzim.

HABBATUS SAUDA DALAM PENGOBATAN
Hadits Rasulullah Tentang Habbatus Sauda
Terdapat sebanyak 14 Hadis Sahih tentang kehebatan dan kelebihan Habbatus Sauda diantaranya :
“Tetaplah kamu berobat dengan Habbatus Sauda, karena sesungguhnya ia mengandung bahan penyembuh bagi setiap penyakit kecuali mati”. (HR Al-Bukhari)

Artinya : “Sesungguhnya, al-Habbatus al-Sauda’ dapat menyembuhkan segala penyakit, kecuali al-Sam.” Sahabat bertanya: “Apakah al-Sam itu ?” Rasulullah Shallallalhu Alahi wa Sallam menjawab : ‘Al-Sam yaitu maut !” ( Riwayat Bukhari )
Didalam kitab Sahih Bukhari Muslim, Abu Hurairah Radiallahu Anhu berkata bahawa dia pernah mendengar Rasullah Shallallalhu Alahi wa Sallam bersabda seperti berikut :

Artinya : “Tetaplah dengan al-Habbah al-Sauda” karena sesungguhnya ia mengandung obat bagi segala penyakit, kecuali al-Sam atau mati.”

Artinya : “Dari Abu Hurairah Radiallahu Anhu berkata, Rasullah Shallallalhu Alahi wa Sallam telah bersabda : ‘Pada al-Habbah al-Sauda’ terdapat obat bagi segala penyakit, kecuali al-Sam.”
Hadis ini diriwayatkan oleh Imam Ahmad, Muslim, Bukhari dan Ibnu Majah. Dan hadis ini tercantum dalam himpunan hadis-hadis sahih nombor 857.
Sejarah Penggunaan
Jintan hitam telah digunakan sejak dahulu kala , asalnya ia digunakan oleh orang-orang Parsi dan Yahudi dalam masakan dan pengobatan mereka. Ia berasal dari kawasan medditeranean, namun kini ia juga ditanam di Afrika utara dan sesetengah bahagian asia seperti india.
Minyak jintan hitam ini awalnya dijumpai di kubur Firaun Tutankhamen di Mesir. Kemungkinan bahan ini sebagai salah satu ramuan pengawetan mayat (mummification) dizaman purba Mesir. Ia juga digunakan oleh cleopatra untuk kesehatan dan kecantikannya.
Habbatus Sauda boleh dianggap sebagai bagian dari ‘holistic approach’ terhadap kesehatan tubuh dan ia paling ideal dijadikan bahan makanan selingan. Berdasarkan pada banyaknya hadis dan penelitian modern, Habbatus Sauda mampu meningkatkan sistim ketahanan tubuh (immune system) dalam jangka waktu yang lama dengan memenuhi kebutuhan optimal yang diperlukan oleh tubuh untuk mencegah dan melawan penyakit.
Hasil-Hasil Penelitian Ilmiah
Sejak tahun 1959, lebih dari 200 penelitian dihasilkan oleh perguruan tinggi diberbagai negara dan artikel yang dikeluarkan oleh berbagai jurnal kesehatan telah menunjukkan penemuan yang membuktikan kebenaran khasiat tradisional Habbatus Sauda yang telah digunakan sejak 2,000 tahun lalu.
Berikut ialah sebagian dari penelitian dan artikel pengobatan tentang Habbatus Sauda:
1. Habbatus Sauda merangsang tenaga dan membantu memulihkan kelelahan dan semangat. (Buku Ibnu Sina “Canon of Medicines”)
2. Masalah perut, kecacingan, masalah kulit seperti jerawat, haid, menambah ASI pada wanita menyusui, menambah pengaliran air liur dan sebagainya.
(Buku Ibnu Qayyim “Medicine of the Prophet”)
3. Bahan ekstrak Habbatus Sauda menunjukkan kesan amat positif terhadap sistem kekebalan tubuh dan boleh digunakan sebagai “bio-regulator’. (Professor G. Rietmuller, Director of Institute of Immunology, University of Munich, Germany)
4. Penelitian oleh Dr. Ahmad El-Qadi (Islamabad, Pakistan) dan Dr. Usama Qandil (Florida, USA) mendapati pengambilan 1 gram Habbatus Sauda sebanyak dua kali sehari mempunyai kesan peningkatan yang mengagumkan terhadap fungsi kekebalan tubuh. Penemuan ini dianggap penting untuk memungkinkan penggunaan Habbatus Sauda sebagai bahan peningkatan immunitas tubuh untuk rawatan kanser, AIDS dan penyakit-penyakit berkenaan kekurangan kekebalan tubuh yang lain.
5. Penelitian oleh Dr. Haq terhadap sukarelawan pesakit AIDS di Department of Biological and Medical Research Centre, Rilyadh menunjukkan bahawa Habbatus Sauda berupaya meningkatkan kadar diantara ‘helper T-cells’ dan ‘suppresser T-cells’ sebanyak 55%. Aktivitas ‘natural killer cells’ juga menunjukkan peningkatan rata-rata sebanyak 30%.
6. Dr. Peter Schleicher, seorang pakar immunisasi (immunologist) di Munich meneliti bahwa Habbatus Sauda berhasil menyembuhkan seramai 420 dari 600 orang sukarelawan penyakit allergik. Kebanyakan penyakit-penyakit ini mengidap allergik terhadap ‘pollen’ dan serbuk sari, jerawat dan saraf kulit, penyakit lelah dan penyakit-penyakit yang pada umumnya mempunyai hubungan dengan daya tahan tubuh yang lemah ( Dr. Peter Schleicher telah dipilih sebagai profesor paling muda di World Academy of Scientist)
7. Peneliti Amerika menulis laporan pertama di dunia mengenai kesan ‘anti-tumor’
yang ditunjukkan oleh Habbatus Sauda. (“Study of the Effects of Nigella
Sativa on Humans”)
8. Habbatus Sauda berupaya menghentikan ‘inflammations’ dan masalah saraf
kulit (neurodermitis) (Professor Michael Meurer, Dermatology Clinic of
Munich, Germany)
9. Para peneliti di Cancer and Immuno-Biological Laboratory of Germany membuktikan Habbatus Sauda berupaya meransang ‘bone marrow’ dan sel-sel immuniti, meningkatkan produksi ‘interferon’ dan mempertahankan sel-sel tubuh terhadap kerusakan sel oleh virus. 10. Habbatus Sauda juga berupaya memusnahkan sel-sel tumor dan meningkatkan jumlah antibodi yang menghasilkan “B cells”.
10. Penelitian yang dilakukan di Arab Saudi mendapati, Habbatus Sauda berupaya meningkatkan sistem imunisasi anda (daya melawan penyakit). Oleh karena itu ia mungkinkan dalam pencegahan kanker, AIDS dan penyakit-penyakit yang lain.
Aktivitas Lain Dari Habbatus Sauda
Selain uraian dari hasil-hasil penelitian di atas Habbatus Sauda juga memiliki aktivitas yang lain seperti:
1. Aktivitas Anti-histamine
Histamine ialah bahan yang dikeluarkan oleh sel-sel di dalam tubuh yang menyebabkan kesan-kesan allergic (alahan). Habbatus Sauda mengandungi bahan penghalang protein kinase C, sejenis bahan yang mencetus penghasilan histamine. Oleh kerana pengidap penyakit asma selalunya mengalami masalah alahan, Habbatus Sauda mungkin baik diambil secara berterusan oleh pesakit- pesakit ini.
2. Aktivits Anti-tumor
Penelitian in vitro menunjukkan Habbatus Sauda berupaya menghalangi pembentukan sel-sel tumor. Oleh karena itu ia baik untuk digunakan untuk membantu menghalang penyakit kanker.
3. Aktivitas Anti-bakteri
Penyelidikan atas bahan ini menunjukkan adanya aktivitas anti-bakteri. Habbatus Sauda berupaya menghambat aktivitas bakteri seperti E.coli, V.cholera dan spesies Shigella. Ini menunjukkan Habbatus Sauda baik untuk mereka yang menghidap beberapa jenis penyakit seperti diare dan masalah-masalah perut yang lain.
4. Anti-radang (anti-inflammation)
Habbatus Sauda mampu mengurangi radang (bengkak). Oleh itu ia baik untuk penyakit asma (mengurangi radang dalam paru-paru), eczema , kulit merah dsb) dan arthritis (bengkak sendi).
Penggunaan Secara Tradisional
Menurut Prof Hembing Wijayakusuma dalam bukunya Tumbuhan Berkhasiat Obat Indonesia: Rempah, Rimpang, dan Umbi biji jintan hitam itu mampu pula mengobati sakit perut, disentri, keracunan jamur, kembung, batuk, radang lambung, gonorrhoea, lepra, digigit ular, wasir, cacar air, dan lain-lain. Untuk mendapatkan khasiat jintan hitam, bisa dilakukan dengan dua cara. Cara pertama adalah untuk pengobatan luar dengan menghaluskan bijinya.
Bubuk jintan dihisapkan ke hidung (rhinitis dan influenza), atau dicampur dengan ramuan lain lalu ditempelkan pada bagian yang sakit. Cara kedua adalah dengan merebus biji atau bubuk jintan hitam dan dicampur bahan lain, lalu diminum. Untuk pemakaian luar, biasanya digunakan guna mengobati radang selaput lendir hidung (rhinitis), difteri (dioleskan ke seluruh tubuh), batuk rejan (dioleskan di dada dan leher), dan influenza.
Penggunaan jintan hitam dengan cara kedua adalah untuk pengobatan sembelit, disentri, gonorrhoea, batuk, digigit ular, keracunan jamur, radang lambung dan usus, serta muntah-muntah. Dalam pengobatan cacar air, 1 sendok teh jintan hitam dihaluskan bersama sebuah labu siam, 5 gram pinang, 3 lembar daun sirih, 1 siung bawang merah, 5 gram bangle, dan sebatang serai. Setelah itu, dicampur air masak dan disaring. Airnya diminum sehari tiga kali sebanyak tiga sendok makan.

PENUTUP
Dari uraian di atas semakin meyakinkan kita bahwa Islam adalah Ad-Din yang dengan petunjuk wahyu dan hadits dari sisi manapun seseorang mengambilnya pasti akan memperoleh kebaikan, sebagai contoh mengenai pemanfaatan Habbatus Sauda (Jintan Hitam) dalam bidang pengobatan.
Apa yang telah dijelaskan hanyalah setitik air dari samudra wahyu dan Ilmu Allah Subhanahu wa Ta’Ala yang apabila semakin diselami semakin menunjukkan kelemahan kita sebagai insan yang lemah maka cukuplah firman Allah
Subhanahu wa Ta’Ala yang artinya “Katakanlah Sekiranya Air Dari Samudra Dijadikan Tinta Untuk Menulis Kalimat Allah Subhanahu wa Ta’Ala Maka Akan Habislah (Air Samudra Itu) Sebelum Seluruh Kalimat Allah Subhanahu wa Ta’Ala Selesai Ditulis Meskipun Ditambahkan Lagi Air Samudra Dalam Jumlah Yang Sama” (Q.S Al-Kahfi ayat 109). Wallahu Ta’Ala ‘Alam.

DAFTAR PUSTAKA

1. Departemen Agama (1993), ” Al Qur’an dan Tejemahannya ” Jakarta.
2. Direktorat Jendral Pengawasan Obat dan Makanan, (1979), ” Materia Medika
Indonesia”, edisi V, Jakarta.
3. Tjitrosoepomo,(2000),”Taksonomi Tumbuhan (Spermatophyta), Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.
4. http://www.islamicvoice.com Vol 13-08 No:152 Agustus 1999
5. http://www.w3.org/TR/REC-html40._Oktober_2005
6. http://www.akarherba.com._Oktober_2004

2 Komentar

Filed under Macam-Macam

2 responses to “Buat Seluruh Anak Farmasi Umi

  1. surianti

    Bismillah… Assalamu alaikum..
    trima kasih banyak atas blognya k2… sangat membantu….
    SUKSES SLALU…
    =======================================
    Wa ‘alaykumussalam
    Terima kasih n sukses juga buat anda…..

  2. zulkifly b.jaya

    aslm..
    Bisa minta bahan / artikel / buku tentang Sirsak?!?!?!
    Syukran…
    ======================================
    Waslm
    Semoga nanti di kampus bisa diskusi lebih dalam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s