Disolusi

Disolusi adalah  proses pelepasan senyawa obat dari sediaan  dan melarut  dalam media pelarut, sedangkan  laju disolusi adalah jumlah zat aktif yang dapat larut dalam waktu tertentu pada kondsisi antar permukaan cair-padat, suhu dan komposisi media yang dibakukan (1). Tetapan laju disolusi merupakan suatu besaran  yang menunjukkan  jumlah bagian senyawa obat yang larut  dalam media  per satuan  waktu. Uji disolusi yang diterapkan pada sediaan obat bertujuan untuk mengukur  serta mengetahui jumlah zat aktif yang terlarut dalam media pelarut yang diketahui volumenya pada waktu dan suhu tertentu, menggunakan alat  tertentu  yang didesain  untuk uji  parameter   disolusi  (1).

Tahap disolusi meliputi proses pelarutan obat pada permukaan partikel padat  yang membentuk larutan jenuh di sekeliling  partikel  yang dikenal sebagai lapisan diam (stagnant  layer). Kemudian obat yang terlarut dalam lapisan diam ini berdifusi ke dalam pelarut dari daerah konsentrasi obat  yang tinggi  ke daerah konsentrasi obat yang rendah (2).

Download Artikel Lengkap

About these ads

1 Komentar

Filed under Farmasetik

One response to “Disolusi

  1. syahrul

    Afwan ka ana tdk bisa ikut pelatihan chem-skit di kampus coz ana lagi temani omq yang dari Jakarta…lalu ini hari balik ke daerah…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s