Tanin

Tanin merupakan substansi yang tersebar luas dalam tanaman , seperti daun, buah yang belum matang , batang dan kulit kayu. Pada buah yang belum matang ,tanin digunakan sebagai energi dalam proses metabolisme dalam bentuk oksidasi tanin.Tanin yang dikatakan sebagai sumber asam pada buah.

 

Areca catechu

Areca catechu

Sifat-sifat Tanin :

1. Dalam air membentuk larutan koloidal yang bereaksi asam dan sepat .

2. Mengendapkan larutan gelatin dan larutan alkaloid.

3. Tidak dapat mengkristal.

4. Larutan alkali mampu mengoksidasi oksigen.

5. Mengendapkan protein dari larutannya dan bersenyawa dengan protein tersebut sehingga tidak dipengaruhi oleh enzim protiolitik…….(Download)

 

About these ads

41 Komentar

Filed under Metabolit Sekunder

41 responses to “Tanin

  1. apakah tanin terurai ketika dipanaskan???

  2. hmd uciha

    ada tidak metabolisme dari tanin….
    mohon di balas yah????
    =======================================
    kl yg dimksd metabolisme tanin itu adl proses teruraix menjadi senyaw2 sdrhna mk jawabax ada spt as galat mjd pirogalol

  3. bagus

    bagaimana mekanisme perubahan tanin menjadi asam galat?
    apa punya linknya or jwbnyya?
    thx
    =======================================
    Silahkan artikelnya didownload smg memperoleh jawaban yang dimaksud.

  4. tri

    bagaimana dengan tanin yang ada pada teh,daun salam dan daun jambu biji.
    tolong dijelaskan pengarunya teradap bakteri pada telur asin.tolog penjelasanya untuk membantu saya dalam penelitian saya yang berjudul oengaruh penanbahan ekstrak teh,ekstrak daun salam dan ekstrak daun jambu bijit terhadap jumlah bakteri telur asin rebus selama penyimpanan.
    terima kasih
    cosinus7_34@yahoo.com
    085725333619
    =======================================
    kami telah moderasi via email, smg berguna

  5. Jemmy Lumintang

    apa persamaan dan perbedaan bahan kimia yg disebut “tanin” dan “askorbat” demikian, trm kasih.
    =======================================
    Tanin dan asam askorbat adalah 2 senyawa yang masing2 memiliki golongan yg berbeda apabila ingin mengetahui lebih lanjut silahkan membaca arikel pada blog tentang tanin dan vitamin
    Semoga info ini bermanfaat

  6. vava

    bisa dijelaskan kenapa asam tanin bisa menghancurkan protein?
    trma kasih sebelumnya

  7. tofa

    apakah tanin yang terdapt dalam buah
    talok/kersen atau juga biasa disebut
    buh cerri jawa dapat digunakan
    sebagai obat penyembuh asam
    urat …???
    Tlong dijawab ieAa,,,
    penting banget nEe.
    makasih sebelumnya,
    =====================================
    Perlu diketahui duluapakah tanin yang terdapat pd buah tersebut sama dengan jenis tanin yang ada pada pucuk daun jambu biji (Psidium guajava);apa bila sama pertanyaan selanjutnya adalah berapa kadarnya sehingga mampu diperkirakan berapa takaran yang digunakan untuk pengobatan diare; apa bila hal ini berhubungan dengan tugas s1 konsep ini sebernarnya sdh bisa dijadikan objek penelitian.
    Atau di sampelnya discreening uji aktivitas antidiare saja

    Semoga membantu

  8. tofa

    Mksih atas jawabanya,
    maaf saya mau bertanya lagi.
    Bisa dijelaskan tidak apa manfaat tanin bagi berbagai penyakit, dan penyakit apa saja yang bisa disembuhkan oleh tanin.
    Dan tolong di jelaskan secara terperinci apa itu tanin dan manfaatnya.
    =======================================
    Dengan membaca artikel yang ada pada blog ini kami pikir sudah jelas manfaat dari tanin dan sedikit tambahan untuk sediaan fitofarmaka dari simplisia mengandung tanin yaitu ekstrak daun jambu biji; berguna untuk mengobati diare nonspesifik

  9. indrii

    perbandingan senyawa tanin pada daun jambu biji yang berwarna tua dan muda lebih banyak yang mana ya?
    cirinya apa?
    mksi :)
    ======================================
    Tanin lebih banyak pada daun yang muda (pucuk) adapun mengenai cirinya akan jelas kelihatan perbedaan antara pucuk dan daun yang tua sedangkan untuk mengetahui kadarnya mesti dianalisa secara kuantitatif

  10. indrii

    itu buat semua jenis daun?
    kayak daun jambu biji…
    harga Rf tanin berapa ya??
    apakah tanin tahan terhadap pemanasan?
    mksi
    =======================================
    Setelah membaca lebih mendalam pada tulisan ttg tanin tentu beberapa pertanyaan di atas dapat terjawab; adapun mengenai harga Rf maka akan berbeda sesuai dengan jenis taninnya.

  11. bee

    boleh nanya ga?? bagaimana cara menetapkan kadar tanin??
    ada metode apa saja dan bagaimana penjelasannya?? bisa dikirim ke alamat email saya.. terimakasih…. kalau bisa sumbernya juga ya…
    =========================================
    Harus diketahui dulu jenis tanin yang akan ditetapkan kadarnya, kemudian dapat ditentukan jumlahnya berapa banyak.

  12. neea

    saya mau nanya,apa bedanya tanin dengan katekin pada teh?
    ========================================
    Tanin itu adalah nama golongan senyawanya secara umum dan berdasarkan penambahan FeCl3 pada suatu sampel (simplisia) maka akan diketahui golongan spesifiknya lebih lanjut;
    Jika terdapat :
    endapan berwarna hijau (+ Katekol exp Katekin pd teh)
    endapan berwarna biru (+ Pirogalol)
    untuk lengkapnya silahkan membaca artikel pd blog ini mengenai ‘Tanin’

  13. dewi

    pada buah jambu biji apa mengandung tanin?
    tanin itu apa bersifat reduktor

    tlong dblaz d email aj…
    trmkasih
    =================================================
    iyya jambu biji mengandung tanin dan tanin bersifat reduktor

    lebih jauh pembahasan ttg jambu biji silahkan di klik

    semoga membantu

  14. dewi

    kenapa tanin bersifat reduktor
    ===============================================
    karena tanin mengandung gugus hidroksi berupa polifenol
    ada baiknya artikel yang disini juga dibaca.

  15. mau tanya, tannin kan bisa mengikat protein, berarti klo kita minum teh sehabis makan protein yang kita makan akan terikat dengan tannin, apakah mempengaruhi pencernaan dan penyerapan protein dalam pencernaan?
    trima kasih sebelumnya
    =================================================
    Tidak berpengaruh pada penyerapan protein, sebab protein yang terdenaturasi oleh tanin masih dapat diurai oleh enzim proteolitk menjadi asam2 amino yang dapat diserap oleh sistem pencernaan.

  16. mau tanya : apakah tanin berpengaruh dalam pengawetan? mengapa?
    =================================
    Harap diperjelas lagi jenis bahan yg diawetkan.

  17. untuk pengawetan ikan. jadi apakah tanin berpengaruh atau tidak? mohon penjelasannya.
    =================================
    Metode yg efektif untuk mengawetkan ikan adl dgn penggaraman atau pengasapan.
    Kl anda ingin melakukan penelitian silahkan menggunakan daun jambu biji untuk mengawetkan ikan untuk mengatahui seberapa efektif ikan tsb berhasil bertahan.
    Satu hal yg perlu diingat bahwa tanin memiliki sifat sbg anti oksidan & sejauh ini korelasinya dgn pengawetan kami blm pernah menemukan referensinya.

  18. Itha

    mau tnya…apa tanin juga terdapat dalam buah naga?
    =================================
    Pd buahnya sejauh yg kami baca tidak terdapat adanya tanin.

  19. Itha

    apa tanin juga terdapat dalam buah naga?

  20. dwi

    saya mau bertanya kenapa kulit buah rambutan dapat menyembuhkan penyakit disentri?dan saya cari di internet bahwasanya kulit buah rambutan mengandung tanin dan saponin!….apkah 2 senyawa itu berpengaruh pada penyumhan penyakit tersebut?
    mohon penjelasanya…tolg jwab via e-mail n secepatnya,,trima ksih
    =================================
    Di search di internet sj yach, trims.

  21. Bayu

    saya mau nanya……bagaimana proses oksidasi dari tanin???
    terima kasih
    ======================================
    Tanin teroksidasi pada gugus hidroksinya (-OH) dan berubah menjadi keton.

  22. virsa

    mhn dishare bahasan ttg daun kersen….
    =================================
    Kersen atau Talok infonya ada di sini
    id.m.wikipedia.org/wiki/Kersen

  23. lukman hakim

    apa kah tannin terdapat di biji pala??? dan apa bisa biji pala sebagai pengawet ikan bandeng??
    terimakasihh..

  24. diana diediew nurmalasari

    mau tanya kenapa tanin mudah larut dalam air dan dalam gliserin ?
    makasih

  25. wahyuu

    mau tanya nih : apakah daun cerme benar2 mengandung tanin?jikapun iya manfaat bagi kesehatan apa ya?makasiih…
    =========================================
    Datanya belum pernah kami baca.
    Sekiranya mengandung tanin maka manfaatnya spt manfaat tanin pd umumnya.

  26. wahyuu

    kalau cara penetapan kadar tanin dengan jenis tanin terhidrolisa secara spektrofotometri itu bagaimana ya?lalu baku yg digunakan itu apa?

  27. leni sasmitasari

    bantu saya untuk mencari kadar tanin dalam daun jambu biji, jambu air, jambu mete, daun alpukat, daun harendong bulu, dan daun singkong, bisa gx???
    karena skripsi saya sangat membutuhkan data tersebut untuk pengutan judul saya yang berjudul pengaruh pemberian jenis daun untuk mengurangi rasa pahit pada daun pepaya. tolong bantuannya.kalau bisa secepattnya.terimakasih
    =========================================
    Masukkan nama latin masing2 tumbuhan pada database knapsack yg ada pada widget blog ini.
    Semoga sj datanya ada di sana.

  28. tri

    klo pada saat pengekstraksian tanin dari daging buah salak dengan menggunakan aseton:air, apa kadar karbohidrat yang terkandung pada daging buah salak akan terekstraksi juga (kandungan karbohirat daging buah salak menjadi berkurang)???
    =========================================
    Apabila karbohidrat yg dimaksud adalah pati maka pati tdk dapat terekstraksi oleh aseton:air.
    Apabila karbohidrat yg dimaksud adalah glukosa pd daging buah salak maka kadar glukosa pd daging buah salak tsb akan berkurang stl ekstraksi.
    Semoga jawabannya bisa dipahami.

  29. tri

    apa karena pengekstrakny menggunakan campuran aseton:air????
    =========================================
    Glukosa larut dalam air.

  30. kristian

    ada referensi mengenai kadar tanin pada cocopeat? apakah tanin bisa mengadsorpsi logam bera? trims
    =========================================
    Kalau yg dimaksud adalah cocopeat hasil olahan serbuk sabuk kelapa maka referensinya adalah kadar tanin pd serbuk sabut kelapa (kami belum membaca/menemukan referensinya.)
    Adapun tanin yg mengadsorpsi logam berat, pendapat kami istilah ini kurang tepat.
    Istilah mengendapkab logam berat akan lebih cocok; kemungkinan dgn mekanisme pembentukan kompleks dgn tanin sebagai ligannya.

  31. asyrof

    tolong diblas….apakah tanin pada kopi bisa membuat gigi kuning??? thanks!!
    =========================================
    Perlu diketahui dulu mengenai kelarutan tanin yg dimaksud.

  32. apakah tanin juga terdapat pada ubi jalar ungu
    klo ada di bgian mna
    ==============================
    Sy belum memiliki referensi ttg hal tsb.

  33. zulfa

    apakah kandungan tanin dalam jambu biji dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas telur asin???

  34. anik

    pada suhu berapa tanin akan rusak/ tergedradasi? terimaskih.
    =========================================
    Akan lebih baik apabila disebutkan sj senyawa tanin yg dimaksud

  35. kalo di dalam daun jambu biji., tanin ada pada daun muda atau daun tuanya? terimakasih
    =========================================
    Tanin terdapat pada daun tua dan muda, akan tetapi lebih banyak pada daun mudanya.

  36. Lilis

    Bagamana mengukur kadar tanin pada tanaman puring
    =================================================
    Hitung sbg kadar tanin total dgn asam galat sebagai standarnya.
    Metode ini menggunakan spektrofotometer uv-vis, adapun panjang gelombangnya dapat dirujuk pd artikel yg terdapat pd jurnal penelitian bahan alam.

  37. kak boleh tanya gak? gimana cara ngetes adanya tanin di daun kersen :)
    =================================================
    Ekstraknya ditambahkan FeCl3 positif jika warnanya biru atau hijau.
    Prosedur lengkapnya dapat dilihat pd farmakope herbal.

  38. siti

    sya ni mw tanya sumber” itu dr mana aja ya? soalx gk boleh KTI pke wordpress. sdgkn sya btuh rferensi anda. mhon bantuanx
    =========================================
    Untuk referensi silahkan donwload buku no 41 pd halaman download ebook.

  39. saya mau tanya kandungan kadar tanin pada daun kersen atau buah kersen brp? dan setelah direbus prosentase kadar taninnya brp?
    begitu pula saya juga tanya pada kulit pisang prosentase kadar tanin sebelum direbus dan setelah direbus kadar taninnya brp?
    ==============================
    Itu butuh penelitian atau data penelitian yg telah dipublikasikan.
    Kami pribadi belum ada datanya.

  40. mohon info nya dong, pada daun pandan mengandung kadar tanin berapa persen yaa?
    =============================
    Semoga link ini biaa membantu

    http://journal.wima.ac.id/index.php/teknik/article/download/157/153

  41. berapa persen tanin di dalam kulit rambutan ya?
    ================================
    Silahkan merujuk pada hasil penelitian yg sudah dipublikasikan

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s